Kamis, 04 Juli 2013

Teknologi Kinerja Manusia

Tekinasers, Hello !
What a definition of 'tekinasers'?
Ini adalah ciri khas Mr. Hirmana, dosen pengampu dan pembimbing skripsi kala itu, ketika menyerukan mahasiswa yang mengambil konsentrasi Teknologi Kinerja Manusia (Tekinas). Why? Kurikulum Teknologi Pendidikan tidak hanya mengatur kurikulum dan pengembangan program pembelajaran di sekolah saja, melainkan di dunia kerja juga. Itulah sekilas tentang istilah 'tekinasers'.

Teknologi Kinerja tidak kalah menarik dengan ilmu PO atau Psikologi yang mengurusi sumber daya manusia (SDM), Bagaimana tidak? Filosofi TP UNJ saja sudah menarik untuk terus membahas 'continuos learning', yaitu bagaimana membelajarkan orang belajar. Definisi belajar itu sendiri apa? Belajar adalah proses perubahan diri seseorang, yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, Perubahan dalam diri tersebut tidaklah bisa dirubah dengan sentuhan tangan orang lain, hanya melalui sentuhan diri sendiri agar pembelajaran tersebut berubah menjadi suatu energi perubahan.

Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, emang ada Prodi Teknologi Kinerja?
Banyak mahasiswa yang mengalami 'salah masuk Jurusan' 'salah masuk Kampus' 'ah, kuliah asal-asalan aja yang penting keterima di Negeri'. Ya gitu deh, saya juga termasuk, heheh.
Saat lulus, banyak Perusahaan yang meragukan lulusan UNJ apalagi Fakultas Ilmu Pendidikan. Guru? Perusahaan gak butuh Guru?
Hello? Please, open ur eyes!
Pengertian Guru dalam Perusahaan adalah Pelatih atau Trainner. Dalam Prodi Tekinas hal ini sudah tak tabu lagi. Tekinas dan KTP adalah saudara kembar yang berbeda tetapi satu visi & misi.

Pengalaman adalah harta paling berharga. Iya, kalimat ini memang benar adanya. Pengalaman terjun ke dalam dunia Perusahaan yang tadinya belum mengenal UNJ dengan keilmuan SDM yang handal, sekarang menjadi tahu. Alhamdulillah. Meskipun Perusahaan ternama seperti A*M belum mau terbuka untuk lulusan UNJ. Why? Perlu bukti? Ketika saya mendatangi job fair di ITB Bandung kala itu, pada stand A*M sudah open sekali memakai tab loh, tapi sayang pada saat poin Universitas, tidak ditemukan The State University of Jakarta, yang ada hanya 'others'.

-D-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar