Selasa, 09 Juli 2013

10 Cara Mengontrol Diri Sendiri

Seringkali kita tidak bisa mengontrol situasi yang kita hadapi. Mengapa? Karena kita cenderung fokus untuk mencari solusi, dari pada merencanakan 'kuda-kuda' agar kita siap menghadapi situasi yang tidak kita inginkan atau 'danger'.


Dari sekian permasalahan yang saya hadapi dalam hidup, inilah 10 Cara Mengontrol Diri Sendiri, agar siap menghadapi permasalahan, entah dalam karir, dalam kehidupan, dan dalam masa depan kesuksesan.Ganbate!

1. Apa yang Kita Lakukan
Setiap hal yang akan kita lakukan pasti menggunakan 'niat' bukan? Mindset dalam diri kita teruslah berjalan seiring dengan hal-hal yang ktia lakukan. Tetapi apalah arti niat, apabila tidak bergandengan dengan perencanaan dalam hidup. Ibarat berjalan tetapi tidak tahu harus kemana, kalau saja ada jalan buntu, lalu bagaimana? Mentok dong.

2. Apa yang Kita Katakan
Ada pepatah yang mengatakan bahwa "Tuhan memberi kita dua telinga dan satu mulut sehingga kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak saat kita bicara." Mari kita mendengarkan lebih banyak, mengatakan sedikit, dan berpikir keras sebelum kita membuka mulut untuk berbicara.

3. Lakukan hal yang Kita inginkan dengan 'passion'

Jika kita tidak senang dengan situasi saat ini, atau jika kita tidak menyukai arah yang dituju, kita dapat mengubah pikiran dan dengan demikian mengubah keyakinan yang ada pada diri kita masing-masing. Pada akhirnya, apa yang kita pikirkan itulah yang kita hasilkan.

4. Tetapkan Visi dan Misi dalam hidup
Hidup adalah perjalanan panjang, kemana arah tujuan tidak akan sampai apabila tidak ada penunjuk arah. Visi dan Misi adalah satu koin yang memiliki dua sisi yang harus berjalan dengan seimbang, keduanya tidak bisa dipisahkan. Bayangkan apabila hidup hanya dengan kalimat 'terserah' tatapi tidak memiliki pendirian? Perusahaan mana yang akan melirik SDM yang seperti ini? So, mari tetapkan Visi dan Misi dalam diri kita. Ganbate!

5. Dengan siapa kita berteman dan bergaul?
Ada pepatah mengatakan 'bertemanlah dengan orang-orang sukses, karena mindest kita akan sama menuju goals yang sama dengan mereka'. Ada benarnya juga loh, ketika kita berteman dengan orang pemabuk, secara otomatis kita akan seolah-olah ingin mengikuti alur si pemabuk. Berbeda dengan bergaul dengan orang-orang yang berada di jalan yang benar, aura positif dengan sendirinya akan mengalir. So, pilih-pilah-lah dalam bergaul!

6. Sikap Anda
Kita akan mencapai jauh lebih banyak dalam karir dan kehidupan jika kita secara konsisten mengambil jalan yang tinggi. Meletakkan kaki terbaik kita ke depan dan terus-menerus menunjukkan sikap positif. Lain lebih suka bergaul dengan orang-orang yang umumnya optimis dan menampilkan sikap positif dan sikap.

7. Apa yang Kita lakukan akan Membuat Perubahan
Kita tidak dapat mengubah orang lain, kita hanya bisa mengubah diri kita sendiri. Ada baiknya untuk mengambil stok secara teratur, dan jika ada bidang kehidupan kita yang tidak bekerja dengan baik maka ketahuilah bahwa kita dapat membuat perubahan.
Perubahan tidak selalu mudah, tetapi dapat mengambil keberanian, bahkan kadang-kadang kerja keras, tetapi hasilnya biasanya sebanding dengan usaha.

8. Apa yang Kita Pelajari
Ada pelajaran yang bisa dipelajari di mana-mana, termasuk dalam semua keberhasilan dan kegagalan Anda. Namun, Anda harus bersedia meluangkan waktu untuk meninjau dan menganalisa dan belajar dari pengalaman Anda.
Ada pepatah: "Ketika murid siap, guru akan datang." Selalu menjadi mahasiswa, dan harus belajar dan berkembang.

9. Tentang apa yang telah Kita bagi (sharing knowledge misalnya)
Menjadi guru dan mentor yang baik kepada orang lain. Lainnya harus banyak belajar dari kita dan pengalaman serta dapat menjadi panutan bagi orang yang lebih junior dalam organisasi atau industri. Berikan semua itu dengan ikhlas :)

10. Legacy
Apa yang kita ingin diingat ketika meninggalkan Perusahaan, karir, keluarga atau akhirnya kehidupan? Jadilah orang terbaik yang kita bisa sehingga orang lain mengingat kita dengan rasa sayang dan ingin menjadi seperti kita.

Jadi berhenti mencemaskan hal-hal yang tidak dapat mengontrol dan mulai mengambil tindakan pada semua hal yang kita hadapi dan mulailah mengontrol diri kita sendiri sekarang. NOW! Yeay. Ganbate!

-D-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar