Selasa, 10 September 2013

Total Quality Management

Selamat siang kaaka, masih mau belajar kan ya?
Yuuk kita belajar lagi mengenai dunia teknologi kinerja :)

Dulu waktu kuliah, matkul Prof. Sri Dadi banyak belajar mengenai evaluasi program pelatihan, didalamnya terdapat pengertian mengenai Total Quality Management (TQM), dalam bahasa indonesia dapat dikatakan sebagai manajemen kualitas total. Apakah ada kaitannya dengan ISO dan QMS? Yaapp yaaapp adaa.

Bila dikaitkan dengan ISO, TQM adalah suatu pendekatan manajemen untuk suatu organisasi yang terpusat pada kualitas, yaitu pendekatan MR di Perusahaan yang terpusat pada kualitas produk atau jasa. Dengan partisipasi seluruh karyawan yang memiliki satu tujuan untuk kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan serta memberi feedback yang menguntungkan untuk perusahaan.

Filosofi dasar dari TQM adalah sebagai efek dari kepuasan customer, disitulah perusahaan bisa mengoreksi manajemen untuk menuju kesuksesan. TQM dapat dikembangkan melalui manajemen harian/prosedur yang digunakan dalam perusahaan, kebijakan, dan pengendali mutu.

Jadi, saya baru mengerti sekarang, kenapa TQM berada didalam matkul Evaprog tersebut, setelah hasil evaluasi, TQM akan menjadi lebih baik lagi dengan temuan yang dihasilkan dari penyebaran angket kepuasaan pelanggan. Terima kasih Prof. Dadi. Miss you.

-D-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar