Sabtu, 07 September 2013

ISO

Selamat pagi ^^
Sehat semua kan yaa? Alhamdulillah.

Mari kita belajar lagi, ucapkan Bismillah.

Melanjutkan tulisan mengenai http://cokelatdelvi.blogspot.com/2013/08/quality-procedure.html dibaca laagii iccaa kaallii kakaaa :D

Ada yang tau kepanjangan dari ISO? Hemmpp pasti pada langsung googling deh, ppfft.
ISO (International Organization for Standardization) merupakan sebuah acuan/standar. Contoh simpelnya kita tau bahwa sudah ada standard jenis film seperti apa, ukuran kartu telepon seperti apa, ukuran ketebalan kertas dan lainnya. Nah, dalam menetapkan sebuah standar perusahaan harus memiliki acuan atau kiblat yaitu bernama ISO.

Penerapan ISO disuatu perushaan berguna untuk :

  1. Meningkatkan citra perusahaan
  2. Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan
  3. Meningkatkan efisiensi kegiatan
  4. Memperbaiki manajemen organiasai dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran,dan tindakan (PDCA)
  5. Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan
ISO ini bisa dikatakan sebagai otaknya manajemen perusahaan. Berada pada Divisi mana yaa? Biasanya di dalam Perusahaan terdapat Departemen QMS atau QA. Nah, di dalam sinilah ISO dikembangkan menjadi sebuah acuan manajemen perusahaan. Saat ini mungkin teman-teman semua sering mendengar istilah ISO 9001;2008 yang biasanya berada di dalam Quality Menagement Systems, ditujukan untuk digunakan organisasi dalam merancang, membangun, memproduksi, melayani produk apapun untuk memberikan bentuk jasa apapun. ISO yang merupakan standar memberikan daftar persyaratan yang harus dipenuhi oleh Perusahaan apabila mereka hendak memperoleh kepuasan pelanggan sebagai hasil dari barang dan jasa yang secara konsisten memenuhi permintaan pelanggan tersebut. 

Bagaimana implementasinya?
Impelementasi ISO diberikan oleh pihak ketiga, yaitu sebuah lembaga sertifikasi yang mampu mengaudit (eksternal) bagaimana proses perjalanan ISO di dalam perusahaan.

Yaa beginilah nasib ketika di audit, prosedur kita belum lengkap atau ada yang belum digunakan sesuai dengan alur prosedur, jadilah 'temuan' yang harus terus diperbaiki, agar ISO yang perusahaan gunakan semakin baik dan berguna untuk kemajuan manajemen perusahaan.

Cmiw.
-D-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar